Monday, September 26, 2016

5:58 AM
Idul Fitri merupakan hari raya umat Islam yang sangat dinanti-nanti. Setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa maka tibalah merayakan hari kemenangan bagi umat muslim di seluruh dunia. Lebaran tidak hanya dinikmati oleh umat Islam saja, mereka yang non muslim pun merasakan keuntungannya seperti menikmati libur yang cukup panjang dan juga menikmati makanan atau jajanan khas lebaran. Oleh sebab itu, lebaran merupakan momen yang dapat dinikmati oleh semua orang. Apa saja yang biasanya terjadi saat menjelang lebaran?



 1. Naiknya harga kebutuhan Memasuki bulan Ramadhan dimana umat Islam mulai berpuasa maka beberapa harga kebutuhan pun menjadi naik seperti daging sapi dan ayam, bawang merah, bawang putih, telur, bumbu masakan hingga sayur-sayuran. Banyak masyarakat yang mengeluh karena tidak sanggup membeli kebutuhan yang sangat diperlukan Libur Nasional 2017.

2. Mudik Fenomena mudik hanya ada di Indonesia, inilah yang terjadi saat Idul Fitri. Masyarakat sangat menantikan ini karena mereka sangat menikmati mudik agar dapat berkumpul bersama dengan keluarga di kampung halaman. Sehubungan dengan mudik ini maka tiket kendaraan umum akan cepat habis, oleh sebab itu pemudik harus memesan tiket sejak jauh

3. Membeli baju baru Pada saat lebaran banyak masyarakat yang berbondong-bondong membeli baju baru. Tradisi ini sudah ada sejak dari dahulu, terutama untuk anak-anak yang meminta baju lebaran. Tak heran bila pusat perbelanjaan menjadi sangat ramai dan bahkan sampai mengadakan night sale (belanja hingga larut malam) dengan harga yang murah.

4. Petasan Bulan Ramadhan identik juga dengan petasan. Banyak masyarakat yang bermain petasan sejak awal puasa hingga puncaknya saat malam takbiran. Fenomena dirasa cukup mengganggu masyarakat karena banyak masyarakat terutama anak-anak yang bermain petasan di pemukiman warga sehingga mengganggu masyarakat wisata malang. Namun perlu diperhatikan penggunaan petasan dapat menyebabkan luka bakar.

5. Membagi uang Saat lebaran merupakan saat yang ditunggu oleh anak-anak karena mereka akan berkeliling dan berharap mendapatkan uang dari rumah yang mereka kunjungi. Uang tersebut mereka kumpulkan untuk membeli barang kesukaan mereka. Orang dewasa pun sudah menyiapkan uang untuk dibagikan pada anak-anak yang datang.

6. Kunjungan ke rumah-rumah Setelah mengikuti Shalat Ied biasanya masyarakat langsung mengunjungi rumah-rumah terdekat atau keluarga. Saat mengunjungi mereka inilah digunakan juga untuk salang bermaaf-maafan yang menjadi ciri khas lebaran wisata jogja. Hal ini juga berguna untuk mengikat silahturahmi pada keluarga dan kerabat.

7. Mengkonsumsi makanan khas lebaran Lebaran identik juga dengan makanan yang disajikan hanya saat lebaran saja. Beberapa daerah di Indonesia memiliki makanan khas saat lebaran namun yang umum disajikan yaitu ketupat, opor ayam, sambal goreng hati, rendang dan beberapa menu lainnya termasuk beberapa kue kering seperti nastar wisata dieng, kastengel, kuping gajah, telor gabus, kacang dan masih banyak lainnya. Tentunya sangat menyenangkan bagi keluarga yang berkumpul bersama-sama di saat lebaran. Semoga Anda menikmati momen berharga Anda.

jasa seo
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment